PEDOMAN PENILAIAN ASPEK AFEKTIF
No
|
Aspek
yang diamati
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kehadiran
di
kelas
|
Selalu masuk dan tidak
pernah terlambat
|
5
|
Selalu masuk tapi pernah
terlambat
|
4
|
||
Kadang tidak masuk dan
pernah terlambat
|
3
|
||
Kadang tidak masuk dan
sering terlambat
|
2
|
||
Tidak masuk sekolah
|
1
|
||
2.
|
Perhatian
mengikuti pelajaran
|
Penuh perhatian dan sering
menyampaikan pendapat/ berdiskusi dengan teman
|
5
|
Penuh perhatian tetapi
jarang menyampaikan pendapat/ berdiskusi dengan teman
|
4
|
||
Kurang perhatian tetapi
pernah menyampaikan pendapat/ berdiskusi dengan teman
|
3
|
||
Kurang perhatian tetapi
tidak pernah menyampaikan pendapat/ berdiskusi dengan teman
|
2
|
||
Tidak perhatian tetapi
tidak pernah menyampaikan pendapat/ berdiskusi dengan teman
|
1
|
||
3.
|
Kejujuran dalam mengerjakan soal evaluasi
|
Siswa mengerjakan soal secara mandiri, tidak mencontek teman dan tidak
mencontek buku catatan
|
5
|
Siswa mengerjakan soal dengan bekerjasama dengan teman sebangku
|
4
|
||
Siswa mencontoh jawaban temannya
|
3
|
||
Siswa mengerjakan soal dengan melihat buku catatan
|
2
|
||
Siswa mengerjakan soal dengan gaduh, mencontek temannya dan terbukti
melihat buku catatan
|
1
|
||
4.
|
Keaktifan
bertanya
|
Selalu bertanya kepada
guru/teman
|
5
|
Sering bertanya kepada
guru/teman
|
4
|
||
Kadang bertanya kepada
guru/teman
|
3
|
||
Pernah bertanya kepada
guru/teman
|
2
|
||
Tidak pernah bertanya
kepada guru/teman
|
1
|
||
5.
|
Menyawab
pertanyaan
|
Selalu menjawab pertanyaan
dari guru/teman
|
5
|
Sering menjawab pertanyaan
dari guru/teman
|
4
|
||
Kadang menjawab pertanyaan
dari guru/teman
|
3
|
||
Pernah menjawab pertanyaan
dari guru/teman
|
2
|
||
Tidak pernah menjawab
pertanyaan dari guru/teman
|
1
|
||
6.
|
Kedisiplinan
mengerjakan tugas
|
Selalu mengerjakan
dan mengumpulkan
tugas yang diberikan dengan benar dan tepat pada waktunya.
|
5
|
Mengerjakan dan mengumpulkan
tugas tepat waktu tetapi masih ada kekeliruan
|
4
|
||
Mengerjakan dan
mengumpulkan tugas dengan benar tapi tidak tepat waktu
|
3
|
||
Mengerjakan dan
mengumpulkan tugas tidak tepat pada waktunya dan masih ada kesalahan
|
2
|
||
Tidak mengerjakan dan
mengumpulkan tugas
|
1
|
Kriteria Penskoran
1). Skor
Maksimal: 30
2). Ketuntasan
Individu dihitung dengan rumus :
Presentase (%) = jumlah skor yang diperoleh/skor maksimal x 100%
Kriteria presentase skor siswa
No
|
Rentang
skor
|
Keterangan
|
Katagori
|
1
|
84%
- 100 %
|
Sangat
tinggi
|
A
|
2
|
67%
- 83%
|
Tinggi
|
B
|
3
|
50%
- 66%
|
Sedang
|
C
|
4
|
33%
- 49%
|
Rendah
|
D
|
5
|
20%
- 32%
|
Sangat
rendah
|
E
|
3).
Ketuntasan klasikal dihitung dengan rumus :
Presentase = jumlah skor yang diperoleh tiap aspek/skor maksimal tiap aspek
Kriteria rata-rata nilai tiap aspek:
No
|
Rentang skor
|
Keterangan
|
Katagori
|
1
|
3,4 -
4
|
Sangat
tinggi
|
A
|
2
|
2,8
- 3,4
|
Tinggi
|
B
|
3
|
2,2
- 2,8
|
Sedang
|
C
|
4
|
1,6
- 2,2
|
Rendah
|
D
|
5
|
1
- 2.2
|
Sangat
rendah
|
E
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar