No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
1
|
Kerjasama dalam berdiskusi
|
Siswa mampu
bekerjasama dengan semua anggota kelompok dan mampu menyelesaikan masalah
|
5
|
Siswa hanya
mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok dan mampu menyelesaikan masalah
|
4
|
||
Siswa hanya
bekerjasama dengan salah satu anggota kelompok dan mampu menyelesaikan masalah
|
3
|
||
Siswa tidak
mampu bekerjasama dengan anggota kelompok dan hanya menyelesaikan masalah sendiri.
|
2
|
||
Siswa hanya diam dan tidak ikut menyelesaikan masalah
|
1
|
||
2
|
Tanggung jawab atas hasil diskusi
|
Siswa mampu mempertanggung jawabkan atas hasil
diskusi yang diprsentasikan didepan kelas
|
5
|
Siswa dapat mempertanggung jawabkan atas hasil
diskusi yang dipersentasikan didepan kelas
|
4
|
||
Siswa kurang bisa mempertanggung jawabkan atas
hasil diskusi yang dipersentasikan didepan kelas
|
3
|
||
Siswa tidak mampu mempertanggung jawabkan atas
hasil diskusi yang dipersentasikan didepan kelas
|
2
|
||
Siswa tidak mau untuk mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas
|
1
|
||
3
|
Mengemukakan
pendapat
|
Siswa berani mengemukakan pendapat dengan baik dan
benar
|
5
|
Siswa berani mengemukakan pendapat dengan tepat
namun bahasanya kurang dapat dipahami
|
4
|
||
Siswa berani
mengemukakan pendapat dengan bahasa yang dipahami tapi pendapatnya kurang
tepat
|
3
|
||
Siswa berusaha
mengemukakan pendapat tapi dalam penyampaiannya tidak mudah dipahami
|
2
|
||
Siswa hanya diam
dan tidak mengemukakan pendapat
|
1
|
||
4
|
Menghargai pendapat orang lain
|
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain dengan
mendengarkan, tidak memotong pembicaraan dan tidak menjatuhkan pendapat
orang.
|
5
|
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain dengan
mendengarkan dan tidak menjatuhkan pendapat orang lain
|
4
|
||
Siswa hanya mampu menghargai pendapat dengan
mendengarkan dan tidak memotong pendapat orang
|
3
|
||
Siswa hanya mampu menghargai pendapat orang lain
dengan mendengarkan pendapat saja.
|
2
|
||
Siswa tidak mampu menghargai pendapat orang lain.
|
1
|
||
5
|
Kemampuan menarik kesimpulan
|
Siswa mampu menyimpulkan materi yang diberikan
secara tepat dan benar dengan bahasa yang mudah dipahami
|
5
|
Siswa mampu menyimpulkan materi dengan benar namun
bahasanya kurang dapat dipahami
|
4
|
||
Siswa mampu menyimpulkan materi yang diberikan
dengan didampingi oleh guru
|
3
|
||
Siswa kurang mampu menyimpulkan materi yang
diberikan oleh guru
|
2
|
||
Siswa tidak dapat menyimpulkan materi yang
diberikan oleh guru
|
1
|
Kriteria Penskoran
Skor Maksimal: 30
1).
Ketuntasan Individu dihitung dengan rumus :
Persentase (%) = jumlah skor yg diperoleh/skor maksimal x 100%
Kriteria
presentase skor siswa
No
|
Rentang
skor
|
Kategori
|
1
|
84%
- 100 %
|
Sangat
baik
|
2
|
67%
- 83%
|
Baik
|
3
|
50%
- 66%
|
Cukup
|
4
|
33%
- 49%
|
Kurang
|
5
|
20%
- 32%
|
Sangat
kurang
|
2).
Ketuntasan klasikal dihitung dengan rumus :
Ketuntasan
belajar klasikal = jumlah siswa yang tuntas belajar/jumlah siswa x 100%
3) Nilai
rata-rata dihitung dengan rumus:
Nilai rata-rata = Jumlah semua nilai / banyaknya siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar