Kamis, 18 September 2014

PEDOMAN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK



No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
1
Kerjasama dalam berdiskusi
Siswa mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompok dan mampu menyelesaikan masalah
5
Siswa hanya mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok dan mampu menyelesaikan masalah
4
Siswa hanya bekerjasama dengan salah satu anggota kelompok dan mampu menyelesaikan masalah
3
Siswa tidak mampu bekerjasama dengan anggota kelompok dan hanya menyelesaikan masalah sendiri.
2
Siswa hanya diam dan tidak ikut menyelesaikan masalah
1
2
Tanggung jawab atas hasil diskusi
Siswa mampu mempertanggung jawabkan atas hasil diskusi yang diprsentasikan didepan kelas
5
Siswa dapat mempertanggung jawabkan atas hasil diskusi yang dipersentasikan didepan kelas
4
Siswa kurang bisa mempertanggung jawabkan atas hasil diskusi yang dipersentasikan didepan kelas
3
Siswa tidak mampu mempertanggung jawabkan atas hasil diskusi yang dipersentasikan didepan kelas
2
Siswa tidak mau untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
1
3
Mengemukakan pendapat
Siswa berani mengemukakan pendapat dengan baik dan benar
5
Siswa berani mengemukakan pendapat dengan tepat namun bahasanya kurang dapat dipahami
4
Siswa berani mengemukakan pendapat dengan bahasa yang dipahami tapi pendapatnya kurang tepat
3
Siswa berusaha mengemukakan pendapat tapi dalam penyampaiannya tidak mudah dipahami
2
Siswa hanya diam dan tidak mengemukakan pendapat
1
4
Menghargai pendapat orang lain
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain dengan mendengarkan, tidak memotong pembicaraan dan tidak menjatuhkan pendapat orang.
5
Siswa mampu menghargai pendapat orang lain dengan mendengarkan dan tidak menjatuhkan pendapat orang lain
4
Siswa hanya mampu menghargai pendapat dengan mendengarkan dan tidak memotong pendapat orang
3
Siswa hanya mampu menghargai pendapat orang lain dengan mendengarkan pendapat saja.
2
Siswa tidak mampu menghargai pendapat orang lain.
1
5
Kemampuan menarik kesimpulan
Siswa mampu menyimpulkan materi yang diberikan secara tepat dan benar dengan bahasa yang mudah dipahami
5


Siswa mampu menyimpulkan materi dengan benar namun bahasanya kurang dapat dipahami
4
Siswa mampu menyimpulkan materi yang diberikan dengan didampingi oleh guru
3
Siswa kurang mampu menyimpulkan materi yang diberikan oleh guru
2
Siswa tidak dapat menyimpulkan materi yang diberikan oleh guru
1

Kriteria Penskoran
Skor Maksimal: 30
1). Ketuntasan Individu dihitung dengan rumus :
            Persentase (%) = jumlah skor yg diperoleh/skor maksimal x 100%
Kriteria presentase skor siswa
No
Rentang skor
Kategori
1
84% - 100 %
Sangat baik
2
67% - 83%
Baik
3
50% - 66%
Cukup
4
33% - 49%
Kurang
5
20% - 32%
Sangat kurang

2). Ketuntasan klasikal dihitung dengan rumus :
Ketuntasan belajar klasikal = jumlah siswa yang tuntas belajar/jumlah siswa x 100%

3)   Nilai rata-rata  dihitung dengan rumus:
                   Nilai rata-rata = Jumlah semua nilai / banyaknya siswa
        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar